Apa Itu Blog?

Blog atau Web Log merupakan aplikasi web yang memuat berbagai posting (tulisan) yang dapat diakses oleh semua pengguna Internet. Pengisi tulisan dalam suatu blog sering disebut sebagai blogger. Komunitas blogger adalah suatu komunitas atau ikatan dari beberapa blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama, seperti kopi darat.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Weblog ada yang bersifat interaktif yaitu memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, namun ada juga yang yang bersifat non-interaktif.


Ngeblog (istilah popluer bahasa Indonesia untuk blogging atau mengisi blog) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blogm juga untuk mengetahui sejauh mana blog dipelihara atau diperbaharui dengan menambah artikel atau mengganti template.

Para blogger juga sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain sambil memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan, sehingga kemudian muncul istilah blogger profesional atau Pro Blogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.

Ada juga yang disebut Mikroblog, yaitu suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.

Beberapa contoh Mikroblog : 
  1. Twitter adalah suatu situs web layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan teks pembaharuan dengan panjang maksimum 140 karakter.
  2. Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim teks pembaharuan dengan panjang maksimum 140 karakter. Teks pembaharuan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaharuan yang diterima dengan urutan kronologis dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk.
  3. Facebook adalah situs web jejaring sosial yang sedang marak dilakukan di dunia maya. Banyak aplikasi yang bisa pengguna lakukan, salah satunya adalah menulis teks pembaharuan yang bisa ditulis oleh pengguna yang memiliki akun dan dilihat oleh pengguna yang juga memiliki akun Facebook.
  4. Jaiku adalah salah satu situs web layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memiliki kegunaan hampir sama dengan Twitter.
  5. Catchfriend adalah situs web jejaring sosial buatan programmer Indonesia yang dibuat untuk mengimbangi popularitas Facebook. Secara umum fitur web ini sama dengan Facebook, namun mengurangi beberapa fitur Facebook, dan menambahkan fitur-fitur berbeda yang belum ada di FB.
  6. Untirta Network adalah situs web yang ditujukan untuk seluruh civitas academica Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, namun tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja yang ingin bergabung dan mencari teman di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...